Sejarah Kota Klaten

Waktu jalan-jalan lewat mbah google iseng-iseng mampir blog KlatenOnline ada info tentang sejarah kota Klaten,yah itung-itung buat nambah koleksi tentang sejarah kota.

Ada dua versi yang menyebutkan tentang asal mula nama Klaten, versi yang pertama menyebutkan bahwa kata Klaten berasal dari kata Kelati atau buah bibir. Kemudian seiring perjalanan waktu kata kelati ini mengalami disimilasi menjadi Klaten.
Versi kedua beradasarkan kata orang tua terdahulu dan turun temurun yang dikutip dalam buku berjudul “Klaten dari Masa ke Masa” yang diterbitkan Bagian Ortakala Setda Kab. Dati II Klaten Tahun 1992/1993.
Versi kedua ini menyebutkan bahwa Klaten awal mulanya berasal dari kata Melati, Melati adalah nama seorang Kyai yang datang dan menetap ke tempat yang masih hutan belantara (sekarang menjadi kota Klaten) kurang lebih 560 tahun yang lalu, dan semakin lama orang semakin berdatangan dan berkembang hingga menjadi kota Klaten seperti sekarang ini. Nama lengkap Kyai Melati adalah Kyai Melati Sekolekan. Dan nama dukuh tempat tinggal Kyai Melati oleh masyarakat kemudian diberi nama dukuh Sekolekan (sekarang menjadi Sekalekan), nama Sekolekan adalah bagian dari nama Kyai Melati Sekolekan.
Kyai Melati dikenal sebagai seorang yang berbudi luhur dan sakti, karena kesaktiannya tersebut perkampungannya selalu aman dari perampok.
Setelah meninggal dunia Kyai Melati dimakamkan di dekat tempat tinggalnya.
Hingga sekarang sejarah kota Klaten masih menjadi silang pendapat, belum ada penelitian yang menyebutkan kapan persisnya kota Klaten berdiri, selama ini peringatan hari jadi kota Klaten diambil dari hari jadi pemerintahan Kabupaten Klaten.

Description: Sejarah Kota Klaten Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Sejarah Kota Klaten

2 komentar:

titis agunging tyas said...

betewe, Klaten tu tempat yg menariknya apa ya? salam kenal. :D

Gudang Info said...

ya kayak candi Prambanan,

Post a Comment

Terima kasih atas partisipasinya dengan meninggalkan komentar.