Pentingnya Menjaga Sistem Pencernaan

Saluran Pencernaan

Sangat banyak masalah tentang penyakit berasal dari sistem pencernaan. Untuk itu pentingnya pemahaman serta tips agar sistem pencernaan selalu sehat
Berbagai masalah bisa menyerang pencernaan seperti perut kembung, berisi banyak gas, maag, diare atau sembelit (konstipasi). Padahal sistem pencernaan memainkan peran sangat penting dalam menciptakan hidup sehat.
Untuk itu ketahui cara-cara apa yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga sistem pencernaan tubuh agar tetap sehat, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (15/9/2011) yaitu:

1. Makan secara perlahan dan mengunyah makanan dengan benar, usahakan untuk tidak terburu-buru dalam menelan makanan. Karena mengunyah makanan dengan benar bisa membantu tugas usus dalam mencerna dan menyerap makanan.

2. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat, termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, berbagai jenis sayuran dan juga buah-buahan yang sebisa mungkin dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Untuk mencegah masalah pencernaan sebaiknya konsumsi serat minimal 25-30 gram per hari.

3. Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering sehingga bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan tidak terlalu memberikan beban yang besar.

4. Minum cairan yang cukup baik dalam bentuk air putih, jus atau sup. Cairan ini akan menunjukkan efektivitas yang lebih besar jika mengalami masalah sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara menyeluruh.

5. Cobalah berjalan sebentar setelah makan dan hindari langsung berbaring. Jika memungkinkan cobalah berjalan kaki selama 10 menit, ini tidak hanya membantu tubuh mencerna lebih baik tapi juga menghindari masalah pencernaan seperti perut kembung, gangguan pencernan dan mulas.

6. Mengonsumsi probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Studi menunjukkan makanan probiotik seperti yogurt kemungkinan bisa membantu kondisi seperti diare, irritable bowel syndrome (IBS) dan penyakit radang usus.

7. Tetap berusaha untuk mengurangi kadar stres, karena stres memperburuk masalah pencernaan seperti maag, wasir dan IBS, sedangkan kegiatan fisik seperti meditasi dan yoga dapat membantu membuat saraf menjadi lebih tenang.

8. Menghindari rokok dan alkohol, karena bisa memperburuk masalah yang sudah ada di dalam pencernaan.

9. Membatasi asupan garam, gula dan tepung terigu, karena konsumsi bahan-bahan tersebut secara berlebihan diketahui menjadi penyebab dasar dari banyaknya masalah pencernaan.

10. Membersihkan sayuran dengan baik sebelum dimasak dan dimakan. Usahakan untuk membersihkan secara menyeluruh sayuran dan buah-buahan sebelum dimakan untuk menghindari kuman yang bisa memiliki dampak langsung pada lapisan lambung.

Description: Pentingnya Menjaga Sistem Pencernaan Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Pentingnya Menjaga Sistem Pencernaan

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas partisipasinya dengan meninggalkan komentar.