Berkenalan dengan jQuery

Semenjak dirilis pertama kali pada tahun 2006 oleh John Resig ,jQuery telah mencuri perhatian para
developer web.Buktinya, pada tahun-tahun berikutnya jQuery telah banyak digunakan oleh website-website terkemuka didunia seperti Google, Microsoft, Intel, Nokia, ESPN Wordpress dan masih banyak lagi. Bahkan website lokalpun tidak mau ketinggalan,lihat saja Detik, Studio 21,Indosiar,Kompas dan lain-lain.
Dan sampai saat ini saya adalah salah satu pengguna blog yang sangat-sangat tertarik dengan keberadaan jQuery.Lho..ya jelas donk..tanpa jQuery,tidak mungkin saya bisa menampilkan Widget Head News dan Widget Komentar sahabat seperti yang ada disebelah sidebar blog ini.Dan sampai saat inipun sudah tercatat ada jutaan websites yang telah menggunakan jQuery.Untuk lebih lengkapnya,silahkan lihat daftar di websites http://docs.jquery.com/Sites_Using_jQuery.


So..kalo kita yang ngaku-ngaku sebagai sebagai seorang developer web namun belum kenal dengan jQuery,Waduuuh....bisa-bisa dikatain kuper tuh alias kagak gaul...xixixixii...hari gini kagak kenal sama jQuey,saya sendiri aja baru kenal kok ( lebay ..).Tapi ga apa-apa,lebih baik terlambat daripada tidak tau sama sekali ya toh..daripada kita nanti dikatain GapWeb alias Gagap Web, mari kita jelajahi dunia jQuery yang penuh dengan keindahan.

Apa itu jQuery..? 
jQuery adalah javascript library » kumpulan kode fingsi/fungsi javascript siap pakai, sehingga mempermudah dan mempercepat kita dalam membuat kode javascript.Secara standart,apabila kita membuat kode javascript,maka diperlukan untuk membuat kode yang sangat panjang,bahkan terkadang sulit dipahami.
Nah...disinilah peranan jQuery sebagai javascript library,dimana kita bisa langsung memanggil fungsi yang terdapat didalam Library tersebut,menariknya..kita hanya memerlukan satu / dua baris untuk membuat warna selang seling , misalnya pada suatu table seperti contoh dibawah ini.
jQuery ('table tr:nth-child(odd)') .addClass ('odd') ;
Kesimpulannya,
jQuery menyederhanakan kode javascript. Hal ini sesuai dengan slogan "Write less,do more"...maksudnya ,Cukup tulis sedikit,tapi bisa melakukan banyak hal ( lebay lagi dah...xixixii.... ).

Tapi ngomong-ngomong sahabat yang ada disini sudah pada tau dengan javascript kan ?
Javascript merupakan pemograman web yang berjalan disisi klien (browser),sehingga javascript dapat membuat lebih hidup (interaktif dan responsif).Beberapa contoh yang bisa dilakukan Javascript diantaranya adalah membuat animasi kotak dialog,mengubah bentuk kursor mouse, validasi form dan seperti head news yang sahabat liat pada widget sidebar di blog ini.Kesimpulannya..Javascript bisa membuat website dengan cita rasa desktop.

Ok..untuk sementara ini,cukup sampai sini dulu kita berkenalan dengan jQuery, dan insyal allah pada artikel selanjutnya kita coba akan membahas mengapa kita memilih jQuery untuk mempercantik tampilan web site kesayangan.

Description: Berkenalan dengan jQuery Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Berkenalan dengan jQuery

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas partisipasinya dengan meninggalkan komentar.